Halaman

Sabtu, 02 Juli 2011

KISI-KISI PENGANTAR BISNIS ISLAM

JENIS-JENIS ORGANISASI BISNIS ISLAM
1.persekutuan perorang
Ini adalah bentuk bisnis organisasi yang paling sederhana dan ada hampir dalam tiap-tiap ekonomi selain sosialis. Hal tersebut juga cara prilaku bisnis yang paling tua. Bentuk bisnis organisasi yang lain mengembangkan kemudian, dengan kebutuhan dan kompleksitas dari ekonomi dan hidup sosial.





2. Persekutuan
Persekutuan adalah suatu hubungan antara dua orang atau lebih untuk pembagian laba (atau kerugian) tentang suatu bisnis yang dilaksanakan oleh mereka atau oleh salah satu dari mereka atas nama lainnya.
3. Mudarabah
Hal ini merupakan suatu hubungan antara dua orang atau lebih yang satu orang yang menyediakan modal dan yang lain menjalankan bisnis atas mereka dengan tingkat laba yang telah disetujui.
PENGERTIAN
1.PRODUKSI
Produksi adalah upaya atau kegiatan untuk menambah nilai pada suatu barang. Arah kegiatan ditujukan kepada upaya-upaya pengaturan yang sifatnya dapat menambah atau menciptakan kegunaan (utility) dari suatu barang atau mungkin jasa. untuk melaksanakan kegiatan produksi tersebut tentu saja perlu dibuat suatu perencanaan yang menyangkut apa yang akan diproduksi, berapa anggarannya dan bagaimana pengendalian / pengawasannya. Bahkan harus perlu difikirkan, kemana hasil produksi akan didistribusikan, karena pendistribusian dalam bentuk penjualan hasil produksi pada akhirnya merupakan penunjang untuk kelanjutan produksi. Pada hakikatnya kegiatan produksi akan dapat dilaksanakan bila tersedia faktor-faktor produksi, antara lain yang paling pokok adalah berupa orang / tenaga kerja, uang / dana, bahan-bahan baik bahan baku maupun bahan pembantu dan metode.
2.PRODUK
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan . Segala sesuatu yang termasuk ke dalamnya adalah barang berwujud, jasa, events, tempat, organisasi, ide atau pun kombinasi antara hal-hal yang baru saja disebutkan

3.SYARIAT ISLAM
Syariat Islam adalah ajaran islam yang membicarakan amal manusia baik sebagai makluk ciptaan Allah maupun hamba Allah.
4.INDUSTRI
Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.
5.BISNIS
bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

1. Sumber (Epistemologi)
Ekonomi Islam: Larangan Allah SWT, seperti riba, perniagaan babi, judi, arak, dan lain sebagainya mencerobohi manusia sebagai khalifah
Ekonomi Konvensional: Tanpa ada pertimbangan soal ketuhanan dan akhirat tetapi lebih mengutamakan kemudahan manusia di dunia saja
2. Tujuan Kehidupan
Ekonomi Islam: Kejayaan di dunia dan akhirat
Ekonomi Konvensional: Sekuler, kepuasan di dunia saja
3. Harta sebagai Wasilah
Ekonomi Islam: Harta sebagai perantara bagi mewujudkan perintah Allah SWT.
Ekonomi Konvensional: Harta sebagai keuntungan tanpa memperdulikan nilai wahyu, serta menindas golongan kaum lemah.

1 komentar:

  1. lag kok kui tok????
    liane ndi????
    ngandani ojo setengah-setengah yah??? hehehe:D

    BalasHapus